Get Adobe Flash player

Tugas Pokok dan Fungsi

Jabatan: Ketua

  1. Menyusun dan mengambil kebijakan terkait pelaksanaan tugas di SPI Unud.
  2. Mengkomunikasikan kebijakan dan program kepada anggota SPI Unud dan unit kerja.
  3. Menandatangani Laporan Hasil Pengawasan SPI Unud.
  4. Melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas pengawasan.
  5. Mendorong percepatan tindak lanjut hasil pengawasan intern dan ekstern.
  6. Menjadi top management bagi implementasi Sistem Manajemen Mutu Internal di SPI Unud.
  7. Melakukan koordinasi, perencanaan, pemantauan dan evaluasi terhadap pelaksanaan tugas yang dilaksanakan oleh setiap kepala bidang SPI Unud.
  8. Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan dan hasil reviu laporan keuangan Unud.
  9. Bertanggung jawab terhadap setiap Laporan Hasil Pengawasan SPI Unud dan melaporkannya kepada Rektor Unud.
  10. Bertanggung jawab terhadap Laporan Hasil Pengawasan Tahunan SPI Unud dan melaporkannya kepada Rektor Unud dan Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  11. Bertanggung jawab terhadap hasil kegiatan yang dilakukan SPI Unud.
  12. Bertanggung jawab dalam pelaksanaaan fungsi katalis dan consulting.
  13. Ketua dapat menugaskan anggota SPI untuk mewakili Ketua SPI dalam pertemuan di lingkungan Unud atau di luar Unud.
  14. Memimpin rapat internal SPI Unud.

Jabatan: Sekretaris

  1. Membantu ketua SPI Unud sebagai management representative dalam koordinasi, perencanaan, pemantauan, evaluasi dan pelaporan kegiatan sesuai activity process berikut anggarannya, serta membantu dalam menyiapkan kebijakan dan program.
  2. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan administrasi yang berkaitan dengan SPI Unud.
  3. Bertanggung jawab dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan management review rapat rutin, rapat koordinasi dan rapat evaluasi kegiatan.
  4. Bertanggung jawab atas perencanaan dan pelaksanaan kegiatan rutin dan insidental di SPI Unud.
  5. Bertanggung jawab kepada Ketua SPI Unud.
  6. Menghadiri rapat internal SPI Unud.

Jabatan: Kepala Bidang Pengawasan Pengelolaan Keuangan

  1. Melaksanakan pengawasan dan evaluasi pengelolaan keuangan.
  2. Melaksanakan reviu laporan keuangan.
  3. Melakukan audit laporan keuangan.
  4. Melakukan monitoring dan evaluasi atas hasil-hasil analisa, temuan pengawasan dan audit bidang keuangan.
  5. Melakukan supervisi terhadap pelaksanaan audit, reviu, monev, bimbingan teknis, sosialisasi, dan SPI Unud Award bidang Keuangan.
  6. Melakukan supervisi terhadap penyusunan laporan hasil audit, reviu dan monev.
  7. Menyampaikan saran dan rekomendasi atas hasil audit, reviu, dan monev di bidang keuangan unit kerja di Universitas Udayana.
  8. Menghadiri rapat internal SPI Unud dan kegiatan lainnya.

Jabatan: Kepala Bidang Pengawasan Pengelolaan Sumber Daya Manusia

  1. Melakukan pemeriksaan apakah jumlah SDM yang ada sesuai dengan kebutuhan Universitas pada umumnya dan kebutuhan satker pada khususnya.
  2. Melakukan pemeriksaaan SDM setiap bidang/bagian/sub bagian untuk memastikan tidak ada kapasitas SDM yang menganggur.
  3. Melakukan pemeriksaan ketaatan pegawai terhadap tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing bagian.
  4. Memastikan bahwa semua pegawai aktif beraktivitas di satker yang diaudit sesuai dengan surat kontrak yang mengesahkan.
  5. Melakukan monitoring dan evaluasi atas hasil-hasil analisa, temuan pengawasan, dan pemeriksaan termasuk audit bidang sumber daya manusia.
  6. Bertanggung jawab dalam melakukan supervisi proses perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan program kerja SPI Unud bidang sumber daya manusia yang telah dibuat oleh auditor internal bidang sumber daya manusia.
  7. Menyampaikan saran perbaikan terhadap kebijakan pimpinan, perencanaan, dan implementasi kegiatan universitas terkait dengan bidang sumber daya manusia.
  8. Menyampaikan hasil analisa, pengawasan dan pemeriksaan termasuk audit yang terkait dengan bidang sumber daya manusia kepada Ketua SPI Unud.
  9. Menghadiri rapat internal SPI Unud.

Jabatan: Kepala Bidang Pengawasan Pengelolaan Barang Milik Negara

  1. Melakukan analisa, pengawasan, pemeriksaan, pengujian dan penilaian atas kegiatan-kegiatan pengelolaan BMN dari tahap perencanaan, pengadaan, penerinaan, inventarisasi, pemanfaatan, sampai penghapusan sesuai ketentuan/kebijakan peraturan perundangan yang berlaku.
  2. Memastikan Bagian Perlengkapan telah melakukan perencanaan pengadaan di awal tahun
  3. Memastikan keberadaan fisik barang sesuai dengan list barang/jasa yang dimiliki oleh satker.
  4. Memeriksa efisiensi dan efektifitas pemanfaatan barang milik negara.
  5. Melakukan pemeriksaan apakah proses pembangunan telah sesuai dengan rencana pembangunan yang telah disusun.
  6. Memastikan bangunan telah mendapatkan ijin dari pihak yang berwenang.
  7. Melakukan pengawasan proses pembangunan mulai dari perencanaan hingga proses pembangunan berakhir.
  8. Melakukan monitoring dan evaluasi atas hasil-hasil analisa, temuan pengawasan, dan pemeriksaan termasuk audit bidang barang milik negara.
  9. Bertanggung jawab dalam melakukan supervisi proses perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan program kerja SPI Unud bidang barang milik negara yang telah dibuat oleh auditor internal bidang barang milik negara.
  10. Menyampaikan saran perbaikan terhadap kebijakan pimpinan, perencanaan, dan implementasi kegiatan universitas terkait dengan pengelolaan bidang barang milik negara.
  11. Menyampaikan hasil analisa, pengawasan dan pemeriksaan termasuk audit yang terkait dengan bidang barang milik negara kepada Ketua SPI Unud.
  12. Menghadiri rapat internal SPI Unud.

Jabatan: Koordinator Auditor Internal

  1. Melaksanakan arahan Ketua SPI Unud.
  2. Menyusun perencanaan program audit dan monev, reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, SPI Unud Award, dan program kerja lainnya berdasarkan jumlah anggaran SPI Unud pada tahun tersebut, serta mengkoordinasikannya dengan Ketua, Sekretaris, Kepala Bidang Pengawasan Pengelolaan Keuangan, Kepala Bidang Pengawasan Pengelolaan Barang Milik Negara, dan Kepala Bidang Pengawasan Pengelolaan Sumber Daya Manusia.
  3. Berkoordinasi dengan Ketua SPI Unud dan Ketua Tim dalam rangka pelaksanaan kegiatan audit dan monev, termasuk temu awal (entry briefing), pekerjaan lapangan (fieldwork), perumusan temuan dan konfirmasi/klarifikasi masalah, temu akhir (exit briefing), dan penyusunan laporan hasil audit dan monev.
  4. Berkoordinasi dengan Ketua SPI Unud dan Ketua Tim terkait pelaksanaan kegiatan reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, SPI Unud Award, dan program kerja lainnya.
  5. Memastikan bahwa proses perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan program kerja SPI Unud yang telah disupervisi oleh ketua bidang keuangan, barang milik negara, dan sumber daya manusia, dijalankan dengan baik oleh auditor internal sesuai bidang masing-masing.
  6. Membantu pelaksanaan audit dan monev bidang keuangan, barang milik negara, dan sumber daya manusia, reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, SPI Unud Award, dan program kerja lainnya.
  7. Melaporkan perkembangan pelaksanaan audit dan monev, reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, SPI Unud Award, dan program kerja lainnya kepada Ketua SPI Unud dan Ketua Tim.
  8. Merangkum Laporan Hasil Audit, Kertas Data Temuan Audit, Laporan Hasil Monev, Kertas Data Temuan Monev, Laporan Reviu Laporan Keuangan, Laporan Bimbingan Teknis, Laporan Sosialisasi, Laporan SPI Unud Award, dan laporan program kerja lainnya yang dibuat oleh auditor bidang keuangan, barang milik negara, dan sumber daya manusia.
  9. Melaporkan hasil pelaksanaan audit dan monev, reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, SPI Unud Award, dan program kerja lainnya kepada Ketua SPI Unud dan Ketua Tim.
  10. Membuat Laporan Hasil Pengawasan SPI Unud.
  11. Menghadiri rapat internal SPI Unud.

Jabatan: Auditor Internal Bidang Keuangan

  1. Melaksanakan perencanaan audit dan monev, reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, SPI Unud Award, dan program kerja lainnya yang telah disusun koordinator auditor internal.
  2. Membuat program audit, monev, reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, SPI Unud Award, dan program kerja lainnya yang terkait dengan bidang keuangan, serta mengkoordinasikannya dengan Kepala Bidang Pengawasan Pengelolaan Keuangan.
  3. Melaksanakan audit dan monev, reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, SPI Unud Award, dan program kerja lainnya yang terkait dengan bidang keuangan.
  4. Berkoordinasi dengan ketua tim audit dan monev serta koordinator auditor internal terkait pelaksanaan audit dan monev bidang keuangan.
  5. Berkoordinasi dengan ketua tim reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, SPI Unud Award serta koordinator auditor internal terkait pelaksanaan kegiatan.
  6. Melaksanakan arahan Kepala Bidang Pengawasan Pengelolaan Keuangan.
  7. Menyusun Laporan Hasil Audit, Kertas Data Temuan Audit, Laporan Hasil Monev, Kertas Data Temuan Monev, Laporan Reviu Laporan Keuangan, Laporan Bimbingan Teknis, Laporan Sosialisasi, Laporan SPI Unud Award, dan laporan program kerja lainnya yang terkait dengan bidang keuangan, serta mengkoordinasikannya dengan Kepala Bidang Pengawasan Pengelolaan Keuangan.
  8. Menghadiri rapat internal SPI Unud.

Jabatan: Auditor Internal Bidang Sumber Daya Manusia

  1. Melaksanakan perencanaan audit dan monev, reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, SPI Unud Award, dan program kerja lainnya yang telah disusun koordinator auditor internal.
  2. Membuat program audit, monev, reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, SPI Unud Award, dan program kerja lainnya yang terkait dengan bidang sumber daya manusia, serta mengkoordinasikannya dengan Kepala Bidang Pengawasan Pengelolaan Sumber Daya Manusia.
  3. Melaksanakan audit dan monev, reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, SPI Unud Award, dan program kerja lainnya yang terkait dengan bidang sumber daya manusia.
  4. Berkoordinasi dengan ketua tim audit dan monev serta koordinator auditor internal terkait pelaksanaan audit dan monev bidang sumber daya manusia.
  5. Berkoordinasi dengan ketua tim reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, SPI Unud Award serta koordinator auditor internal terkait pelaksanaan kegiatan.
  6. Melaksanakan arahan Kepala Bidang Pengawasan Pengelolaan Sumber Daya Manusia.
  7. Menyusun Laporan Hasil Audit, Kertas Data Temuan Audit, Laporan Hasil Monev, Kertas Data Temuan Monev, Laporan Reviu Laporan Keuangan, Laporan Bimbingan Teknis, Laporan Sosialisasi, Laporan SPI Unud Award, dan laporan program kerja lainnya yang terkait dengan bidang sumber daya manusia, serta mengkoordinasikannya dengan Kepala Bidang Pengawasan Pengelolaan Sumber Daya Manusia.
  8. Menghadiri rapat internal SPI Unud.

Jabatan: Auditor Internal Bidang Barang Milik Negara

  1. Melaksanakan perencanaan audit dan monev, reviu laporan keuangan, kegiatan bimbingan teknis, dan kegiatan sosialisasi yang telah disusun koordinator auditor internal.
  2. Membuat program audit dan monev bidang barang milik negara.
  3. Melaksanakan audit dan monev bidang keuangan, reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, dan SPI Unud Award.
  4. Berkoordinasi dengan ketua tim audit dan monev terkait pelaksanaan audit dan monev bidang barang milik negara.
  5. Berkoordinasi dengan ketua tim reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, dan SPI Unud Award terkait pelaksanaan kegiatan.
  6. Melaksanakan arahan Kepala Bidang Pengawasan Pengelolaan Barang Milik Negara.
  7. Menyusun Laporan Hasil Audit, Kertas Data Temuan Audit, Laporan Hasil Monev, dan Kertas Data Temuan Monev untuk bidang barang milik negara, serta Laporan Reviu Laporan Keuangan, Laporan Bimbingan Teknis, Laporan Sosialisasi, dan Laporan SPI Unud Award.
  8. Menghadiri rapat internal SPI Unud.

Jabatan: Auditor Internal Bidang Barang Milik Negara

  1. Melaksanakan perencanaan audit dan monev, reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, SPI Unud Award, dan program kerja lainnya yang telah disusun koordinator auditor internal.
  2. Membuat program audit, monev, reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, SPI Unud Award, dan program kerja lainnya yang terkait dengan bidang barang milik negara, serta mengkoordinasikannya dengan Kepala Bidang Pengawasan Pengelolaan Barang Milik Negara.
  3. Melaksanakan audit dan monev, reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, SPI Unud Award, dan program kerja lainnya yang terkait dengan bidang barang milik negara.
  4. Berkoordinasi dengan ketua tim audit dan monev serta koordinator auditor internal terkait pelaksanaan audit dan monev bidang barang milik negara.
  5. Berkoordinasi dengan ketua tim reviu laporan keuangan, bimbingan teknis, sosialisasi, SPI Unud Award serta koordinator auditor internal terkait pelaksanaan kegiatan.
  6. Melaksanakan arahan Kepala Bidang Pengawasan Pengelolaan Barang Milik Negara.
  7. Menyusun Laporan Hasil Audit, Kertas Data Temuan Audit, Laporan Hasil Monev, Kertas Data Temuan Monev, Laporan Reviu Laporan Keuangan, Laporan Bimbingan Teknis, Laporan Sosialisasi, Laporan SPI Unud Award, dan laporan program kerja lainnya yang terkait dengan bidang barang milik negara, serta mengkoordinasikannya dengan Kepala Bidang Pengawasan Pengelolaan Barang Milik Negara.
  8. Menghadiri rapat internal SPI Unud.

Jabatan: Staf Administrasi Keuangan

  1. Mengisi Sistem Perencanaan SPI Unud setiap tahun.
  2. Membuat Pedoman Operasional Kegiatan (POK) SPI Unud setiap tahun dan melakukan revisi POK apabila terdapat hal-hal yang perlu disesuaikan.
  3. Membuat buku kas umum, buku kas penerimaan, dan buku kas pengeluaran SPI Unud secara berkala.
  4. Menyiapkan dokumen pencairan anggaran SPI Unud untuk Uang Persediaan (UP) dan Tambahan Uang Persediaan (TUP).
  5. Mencairkan cek SPI Unud.
  6. Menyiapkan Surat Pertanggungjawaban (SPJ) keuangan SPI Unud.
  7. Menyiapkan SPPD Perjalanan Dinas.
  8. Membuat Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) unit kerja SPI Unud setiap tahun.
  9. Melaksanakan tugas administrasi keuangan lainnya yang diberikan oleh atasan dalam urusan dinas.
  10. Menghadiri rapat internal SPI Unud.

Jabatan: Staf Administrasi Umum dan Perlengkapan

  1. Membuat Surat Keputusan (SK), surat tugas audit dan monev, dan surat lainnya.
  2. Mencatat dan mengarsipkan surat masuk dan surat keluar.
  3. Mengirim surat keluar SPI Unud.
  4. Membuat buku kas umum, buku kas penerimaan, dan buku kas pengeluaran SPI Unud secara berkala.
  5. Menyiapkan konsumsi rapat SPI Unud beserta lampiran absennya.
  6. Membuat dan mengarsipkan absen manual SPI Unud.
  7. Belanja barang kebutuhan SPI Unud.
  8. Membuat Daftar Barang Ruangan (DBR) dan melakukan revisi DBR apabila terdapat perubahan jumlah, letak, dan kondisi barang pada ruangan di SPI Unud.
  9. Membuat kartu stok Alat Tulis Kantor (ATK) dan barang habis pakai lainnya.
  10. Melakukan inventarisasi aset SPI Unud.
  11. Mengelola website SPI Unud dan mengupdate informasi yang ditampilkan dalam website.
  12. Bersama-sama staf administrasi keuangan menyiapkan dokumen pencairan anggaran SPI Unud untuk Uang Persediaan (UP) dan Tambahan Uang Persediaan (TUP).
  13. Melaksanakan tugas administrasi lainnya yang diberikan oleh atasan dalam urusan dinas.
  14. Menghadiri rapat internal SPI Unud.
  15. Menyusun notulen rapat internal SPI Unud.